1.
Apa yang dimaksud dengan elastisitas?
Jawab: Elastisitas
adalah suatu perbandingan atas dasar perubahan harga dengan mengukur seberapa
besarnya kepekaan atas reaksi para konsumen terhadap suatu perubahan harga.
2.
Mengapa elastisitas perlu dikaji lebih
mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Jawab: Menurut saya,
karena untuk mengetahui harga pasar yang sedang marak diperbincangkan
sekarang-sekarang ini agar para konsumen atau pembeli dapat membeli suatu
barang atau produk sesuai dengan kebutuhan mereka yang diinginkan. Jika harga
di yang dipasarkan atau diberikan oleh suatu perusahaan itu sendiri terhadap
produk yang dijualnya terlalu mahal maka para konsumen akan mencari barang yang
lebih murah untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.
3.
Jelaskan konsep elastisitas harga
permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan!
Jawab:
- Elastisitas Harga Permintaan adalah derajat kepekaan/respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbandingan daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan presentase perubahaan pada harga dipasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas barang turun dan sebaliknya.
- Elastisitas Harga Penawaran adalah sebagai suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap harga permintaan, hanya saja perbedaan pengertian jumlah abrang diminta diganti dengan jumlah barang yang ditawarkan.
- Elastisitas Silang adalah elastisitas yang mengukur tingkat kepekaan perubahan jumlah abrang tertentu yang diminta akibat perubahaan harga barang lain. Elastisitas silang berlaku bagi barang-barang subtitusi maupun barang-barang komplenmenter.
- Elastisitas Pendapatan adalah suatu perubahan daripada pendapatan consumer akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perubahan tersebut diukur dengan apa yang disebut elastisitas pendapatan.
4.
Faktor apa yang menentukan tingkat
elastisitas?
Jawab: Faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan yaitu:
- Tersedianya barang pengganti (substitutability)
- Pentingnya bagi kehidupan (urgency)
- Mahalnya (expensiveness), atau besarnya bagian pendapatan konsumen yang dipakai untuk membeli suatu barang.
- Sifat tahan lamanya (durability) suatu barang
- Waktu (time)
Faktor yang
mempengaruhi elastisitas penawaran yaitu:
- Jenis produk. Kurva penawaran produk pertanian umumnya inelastis, sebab produsen tidak mampu memberikan respons yang cepat terhadap perubahan harga. Sementara penawaran produk industri umunya bersifat elastis, sebab mampu merespons cepat terhadap perubahan harga.
- Sifat perubahan biaya produksi. Penawaran akan bersifat inelastis, bila kenaikan penawaran hanya dapat dilakukan dengan mengeluarkan biaya yang sangat tinggi. Bila penawaran dapat ditambah dengan pengeluaran biaya tambahan tidak terlalu besar, penawaran akan bersifat elastis. Apakah biaya produksi akan meningkat dengan cepat atau lambat jika produksi ditambah, tergantung pada beberapa faktor, yaitu: Tingkat penggunaan kapasitas perusahaan dan Kemudahan memperoleh faktor-faktor produksi
- Jangka waktu analisis. Jangka waktu juga dapat mempengaruhi besarnya elastisitas penawaran. Biasanya dibedakan menjadi tiga jenis jangka waktu, yaitu masa amat singkat, jangka pendek, dan jangka panjang.
5.
Bagaimana menurut anda tentang konsep elastisitas?
Jawab: Menurut Saya Konsep Elastisitas
merupakan suatu konsep terpenting dalam bidang ekonomi. Konsep ini sering
dipakai dalam bidang permintaan dan penawaran. Konsep Elastisitas digunakan
untuk memahami dampak dari suatu kebajikan.
0 komentar:
Posting Komentar