1. Apa
yang dimaksud dengan biaya? dan sebutkan macam-macam biaya!!
Jawab: Menurut saya,
Biaya adalah suatu tindakan untuk memperoleh barang atau jasa yang berguna yang
dinyatakan dengan satuan uang, yang kemungkinan akan terjadi atau yang pernah
tejadi untuk melakukan tujuan tertentu.
Macam-macam
biaya:
Biaya Pabrikasi :
- Biaya Langsung
- Biaya Tidak Langsung
Biaya Non-pabrikasi :
- Biaya Pemasaran
- Biaya Administrasi
Departemen :
- Common Cost (Biaya bersama)
- Joint Cost (Biaya Gabungan)
Periode Akuntansi :
- Capital Expenditure (Belanja Modal)
- Revenue Expenditure (Pengeluaran Pendapatan)
Volume Produksi :
- Biaya Tetap (FC)
- Biaya Variabel (VC)
2. Jelaskan
kurva biaya?
Jawab: Kurva Biaya
adalah digunakan untuk membuat sebuah grafik dari biaya yang sudah dikeluarkan
kemudian membuat hasil riset dari kurva tersebut. Maka hasil riset tersebut
dilihat apakah suatu perusahaan tersebut mengalami kerugian atau mendapat
keuntungan.
Kurva
Biaya Rata-Rata Jangka Pendek
Pada
kurva TC dan VC, secara matematis fungsi biaya ini memiliki tingkat belok yang
secara matematis mensyaratkan turunan kedua dari fungsi biayanya harus = 0
(besarnya tambahan biaya marginal terhadap perubahan unit produksi harus = 0),
titik belok ini bukan merupakan titik s ke trim melainkan hanyalah “sinyal”
bagi produksi bahwa perusahaan harus mencermati skala produksi.
Kurva
Biaya Rata-Rata Jangka Panjang
Pada kurva
ini dapat diketahui kurva biaya rata-rata jangka panjang (Long Run Average Cost
– LRAC) terbentuk dari beberapa pilihan biaya rata-rata jangka pendek
yang merupakan representasi dari kapasitas produksi perusahaan (skala
usaha), sehingga misal pada kurva AC1, Jumlah produksi yang memberikan biaya
minimum pada perusahaan adalah sebanyak Q1 bila perusahaan menambah produksinya
antara Q1 dan Q2 maka perusahaan tetap menggunakan kapasitas produksi AC1 sebab
meskipun biaya rata-ratanya naik tetap saja lebih rendah dari penurunan biaya
atas produksi bila perusahaan menggunakan kapasitas produksi AC2. Bila
seterusnya perusahaan memproduksi sebanyak Q2 angka perusahaan bisa langsung
menggunakan AC2 karena biaya cenderung menurun hingga produksi sebanyak Q3
dimana akan terpenuhi kondisi optimum biaya produksi dan seterusnya.
3. Jelaskan
mengapa konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?
Jawab: Menurut saya,
karena suatu perusahaan sebagai salah satu bentuk Organisasi Perusahaan besar
yang bergerak di bidang Jasa atau Produk, dalam memberikan pelayanan kepada
kustomer harus mengetahui dan memahami penggunanya sehingga produk atau jasa
yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna yang pada
akhirnya dapat menimbulkan kepuasan, sehingga keberadaan sebuah Perusahaan
diakui dan dibutuhkan oleh penggunanya pada saat sekarang dan pada saat yang
akan datang.
4. Jelaskan
bagaimana tindakan perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi
perusahaan ingin tetap ada dipasar, konsep seperti apa yang perlu diterapkan
perusahaan tersebut?
Jawab: Menurut saya,
suatu perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk mengubah harga. Sifat ini
meliputi dua aspek, yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing
perusahaan adalah relative kecil kalau dibandingkan dengan keseluruhan jumlah
perusahaan di dalam pasar. Sebagai akibatnya produksi setiap perusahaan adalah
sangat sedikit kalau dibandingkan dengan jumlah produksi dalam industri
tersebut,. Sifat ini menyebabkan apa pun yang dilakukan perusahaan, seperti
menaikkan atau menurunkan harga dan menaikkan atau menurunkan produksi, sedikit
pun ia tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar/industri tersebut.
Maka agar perusahaan ingin tetap ada dipasar bisa diterapkan dengan menggunakan
konsep Biaya Pemasaran. Biaya Pemasaran merupakan biaya yang digunakan untuk
melakukan suatu pemasaran, maka saat tingkat penjualan suatu perusahaan rendah
sebaiknya perusahaan melakukan pemasaran dengan lebih baik dan lebih bagus
kualitasnya.
5. Coba
anda buat pengkategorian biaya!!!
Jawab:
- Biaya Penjualan : Biaya Gaji dan Komisi Penjualan; Biaya Advertensi; Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko; Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan; Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.
- Biaya Administrasi dan Umum : Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.
0 komentar:
Posting Komentar