Dibangun di Belfast, Irlandia, UK, RMS Titanic adalah kapal kedua dari tiga kapal pesiar samudra kelasOlympic – sisanya adalah RMS Olympic dan HMHS Britannic (aslinya bernama Gigantic). Ketiganya adalah
kapal terbesar dalam armada perusahaan perkapalan Britania White Star
Line, yang terdiri dari 29 kapal uap dan tender pada tahun 1912. Tiga kapal tersebut lahir dalam sebuah
perbincangan pada pertengahan 1907 antara kepala White Star Line, J. Bruce
Ismay, dan hartawan Amerika Serikat J. Pierpont
Morgan, yang mengendalikan perusahaan induk White Star Line, International Mercantile Marine Co. White Star Line menghadapi tantangan
yang semakin menjadi-jadi dari pesaing utamanya, Cunard,
yang telah meluncurkanLusitania dan Mauretania – kapal penumpang tercepat yang
beroperasi saat itu – dan perusahaan pelayaran Jerman, Hamburg
America dan Norddeutscher
Lloyd. Ismay memilih untuk bersaing dalam hal ukuran ketimbang
kecepatan dan berencana meluncurkan jajaran kapal baru yang ukurannya lebih
besar daripada sebelumnya serta dibuat senyaman dan semewah mungkin.
Jajaran
kapal ini dibangun oleh galangan kapal Belfast, Harland and
Wolff, yang sudah punya hubungan lama dengan White Star Line sejak
1867. Harland and Wolff diberikan keuntungan besar dalam merancang kapal untuk
White Star Line; pendekatan seperti biasa ditujukan kepada White Star Line
untuk membuat sketsa konsep umum yang akan dipakai dan diubah menjadi desain
kapal oleh Harland and Wolff. Pertimbangan biaya relatif rendah di agendanya
dan Harland and Wolff diminta mengeluarkan biaya atas segala kebutuhan kapal,
ditambah margin keuntungan lima persen. Untuk
kapal kelas Olympic, biaya
sebesar £3 juta untuk dua kapal pertama disetujui disertai beberapa
"ekstra atas kontrak" dan bayaran lima persen seperti biasa.
Harland
and Wolff menempatkan para desainer utamanya dalam perancangan kapal kelas Olympic. Perancangan ini
diawasi oleh Lord Pirrie,
direktur Harland and Wolff dan White Star Line; arsitek laut Thomas Andrews, direktur pelaksana departemen desain Harland
and Wolff; Edward Wilding, wakil Andrews dan bertanggung jawab atas
penghitungan desain kapal, keseimbangan dan kerapiannya; dan Alexander
Carlisle, kepala juru gambar kapal dan manajer umum. Tugas Carlisle adalah dekorasi,
perlengkapan dan semua pengaturan umum, termasuk penerapan desain derek sekoci yang efisien.
Pada
tanggal 29 Juli 1908, Harland and Wolff mempresentasikan sketsanya kepada
J. Bruce Ismay dan para eksekutif White Star Line lainnya. Ismay menyetujui
desain tersebut dan menandatangani tiga "surat perjanjian" dua hari
kemudian yang mengizinkan pembangunan kapal. Saat itu, kapal pertama tersebut –
yang kelak menjadi Olympic – belum mempunyai nama, tetapi hanya
ditandai sebagai "Number 400", karena kapal ini adalah kapal ke-400
yang dibangun Harland and Wolff. Titanic didasarkan pada versi revisi desain
yang sama dan diberi nomor 401.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar