Harian New York Herald melaporkan bencana Titanic. |
Saat berita
mengenai malapetaka tersebut tersebar, banyak orang yang terkejut bahwa Titanic telah tenggelam dengan jumlah korban
tewas yang begitu tinggi walaupun dilengkapi dengan teknologi yang maju. Surat
kabar dipenuhi berita dan gambaran mengenai malapetaka tersebut dan semuanya
tidak henti-hentinya untuk mendapatkan berita terkini. Banyak kotak amal dibuat
untuk membantu korban dan keluarga mereka, banyak yang kehilangan orang yang
merupakan tulang punggung keluarga, atau dalam kasus penumpang kelas tiga,
semua barang yang mereka miliki tenggelam.
kutipan dari Memorandum AL AS berkenaan dengan Titanic. |
Tenggelamnya
kapal itu memberi dampak yang mendalam kepada penduduk Southampton. MenurutHampshire
Chronicle pada 20 April 1912,
hampir 1.000 keluarga setempat terkena dampaknya secara langsung. Hampir setiap
jalan di daerah Chapel kota tersebut kehilangan lebih dari satu penduduk dan
hampir 500 rumah kehilangan keluarga.
Sebelum
korban yang terselamatkan sampai ke New York, pemeriksaan telah dibuat untuk
mengetahui apa yang terjadi atas Titanic,
dan apa yang dapat dilakukan untuk menghindari terulangnya peristiwa itu. Senat
Amerika Serikat memulai pemeriksaan mengenai musibah Titanic pada 19 April, sehari selepas Carpathiatiba di New York
dengan yang selamat. Ketua Penyelidikan, Senator
William Alden Smith, ingin mengumpulkan kesaksian penumpang dan awak
kapal saat masih segar dalam ingatan mereka. Smith juga memerlukan panggilan
tertulis warganegara Inggris untuk pengadilan pada waktu mereka masih berada di
negara Amerika. Pemeriksaan Amerika berlangsung sampai tanggal 25 Mei Lord
Mersey dilantik untuk mengetuai penyelidikanDewan
Perdagangan Inggris mengenai
musibah tersebut. Pemeriksaan Inggris berlangsung antara 2 Mei dan 3 Juli.
Setiap pemeriksaan mengambil pendapat dari kedua penumpang maupun ABK Titanic, dan ABKCalifornian dan pakar lain.
Para
penyelidik mendapati kebanyakan peraturan keselamatan ketinggalan zaman dan
dengan itu pelbagai langkah keselamatan baru diberlakukan. Kedua pemeriksaan
mengenai musibah tersebut mendapati kapten dan kapal Californian gagal memberikan bantuan sewajarnya
kepada Titanic.
Pemeriksaan tersebut mendapati bahwa Californian lebih dekat dengan Titanic berjarak 31 km (19,5 mil) yang
disayangkan oleh Kapten Lord dan bahwa Lord seharusnya membangunkan operator
nirkabel setelah tembakan suar dilaporkan kepadanya. Dikarenakan operator
nirkabel Californian tidak bertugas, 29 negara mengesahkan Akta Radio
1912, yang menyamakan komunikasi radio, terutama dalam keadaan
bahaya.
Musibah
tersebut turut mendorong International Convention for the Safety of Life at Sea di London, Inggris,
pada 12 November 1913. Pada 20 Januari 1915, persetujuan ditandatangani oleh
organisasi tersebut dan menghasilkan pendirian dan pembiayaan Patroli Es
Internasional, agensi Pegawai Pesisir Amerika Serikat yang sampai hari ini
memantau dan melaporkan lokasi gunung es terapung Lautan Atlantik yang dapat
menjadi ancaman bagi jalur laut trans-Atlantik. Disetujui juga dalam peraturan
baru bahwa semua kapal penumpang perlu mempunyai perahu penyelamat yang
mencukupi bagi semua penumpang di atas kapal, dan latihan keselamatan yang
sesuai dilakukan, dan semua komunikasi radio dikendalikan 24 jam sehari bersama
pusat kendali kedua, agar tidak terlewatkan panggilan darurat. Sebagai
tambahan, disetujui bahwa tembakan suar berwarna merah dari kapal haruslah
dianggap sebagai tanda darurat dan bahaya.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar