Senin, 01 Juli 2013

Ingin mendirikan organisasi apa?

Diposting oleh NURUL INAYAH di 19.02
Organisasi bank sampah

Jika ditanya ingin mendirikan sebuah organisasi apa? Ya, Saya akan mendirikan suatu organisasi yang bernama Bank Sampah, yang terletak terutama di daerah lingkungan tempat tinggal saya. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini yaitu saya ingin menjadikan Bank Sampah sebagai suatu organisasi yang mampu melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah.




Apa itu Bank Sampah?
  • Bank pada umumnya adalah sebuah Organisasi keuangan yang mengelola perputaran uang yang ada di Masyarakat.
  • Konotasi sampah adalah barang sisa habis pakai. Perpaduan dua hal yang berbeda akan coba dipadukan menjadi kekuatan Ekonomi yang sedikit banyak dapat mengurangi problematika di masyarakat.
  • Pengertian Bank sebagai tempat menyimpan, meminjam Uang yang akan coba kita formasikan / kombinasikan dalam bentuk lain yang mudah di mengerti oleh masyarakat.

Mengapa saya memilih Organisasi Bank Sampah karena masyarakat masih sangat minim terhadap jasa perbankan tersebut. Sampah merupakan salah satu penyebab tidak seimbangnya lingkungan hidup, yang umumnya terdiri dari komposisi sisa makanan, daun-daun, plastik, kain bekas, karet dan lain lain. Bila dibuang dengan cara ditumpuk saja maka akan menimbulkan bau dan gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Bila dibakar akan menimbulkan pengotoran udara.

Selain itu tradisi membuang sampah disungai dapat mengakibatkan pendangkalan yang demikian cepat, banjir juga mencemari sumber air permukaan karena pembusukan sampah tersebut. Setiap hari, dilingkungan tempat tinggal saya banyak menghasilkan berbagai macam sampah, baik sampah organik maupun non organik. Sampah organik berupa bahan-bahan yang bisa diurai oleh tanah dan bermanfaat bagi tanah. Sedangkan sampah non organik tidak diurai kembali kecuali didaur ulang untuk pemanfaat lain. Jadi pada kenyataannya, sampah telah mencemari tanah, badan air dan udara dalam kota.

Melihat banyaknya sampah yang dihasilkan setiap hari, maka dari itu saya sadar akan kebersihan lingkungan sekitar mencoba merangkai dalam bentuk kerja nyata. Sebagian besar sampah yang terdapat pada rumah-rumah berupa kertas dan plastik yang termasuk kategori sampah laku jual. Melalui Bank Sampah, sampah ini dikumpulkan berdasarkan jenisnya, kemudian ditimbang dan disetor ke tempat organisasi Bank Sampah. Dari sana penyetor akan mendapatkan uang hasil penjualan sampah, uang tersebut selanjutnya dimasukkan ke kas organisasi sehingga bisa digunakan untuk kepentingan warga bersama. Tetapi yang perlu diingat sebagus apapun pengelolaan sampah, mencegah produksi sampah adalah cara yang paling aman dan bijak. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

NURUL INAYAH Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos