Senin, 03 Juni 2013

Nasi Rawon dan Sate Rawon Khas Pasuruan

Diposting oleh NURUL INAYAH di 08.11

Kali ini saya akan membahas kuliner  yang sudah tidak asing lagi di lidah para pecinta kuliner lokal. Siapa sih yang nggak kenal Nasi Rawon???????  Menu makanan yang berupa sup daging dengan kuah yang khas berwarna hitam karena mengandung kluwek. Nasi rawon merupakan masakan khas dari Jawa Timur. Jika para pecinta kuliner berjalan-jalan ke daerah Pasuruan, Malang, Probolinggo dan sekitarnya maka kalian banyak menjumpai warung-warung yang menjual Nasi Rawon. Kebetulan orangtuaku asli orang Pasuruan jadi setiap berada disana selalu menyantap makanan hitam ini hehe… Makanan ini bisa dinikmati kapan saja, untuk sarapan pagi, makan siang, makan malam, bahkan kerap disajikan pada acara hajatan. Biasanya Rawon disajikan dengan nasi, lauk tempe goreng atau daging empal dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang dan sambal ini hmmmmm wuenakkk…..

Apa kalian pernah mendengar Sate Komoh???? Pasti masih asing ditelinga para pecinta kuliner. Sate Komoh adalah berbahan dasar daging sapi yang berukuran seperti raksasa dengan bumbu kuning. Santan adalah salah satu bahan yang digunakan dalam membuat Sate Komoh. Sebetulnya sate ini mirip dengan empal berbumbu basah yang diakhiri dengan membakarnya sebentar di atas bara arang. Sate Komoh merupakan sajian khas Pasuruan. Tampilannya yang unik karena potongan daging sate yang besar bakal membuat penasaran bagi yang pertama kali mencobanya.

Kekhasan Rawon Pasuruan semakin terasa jika Nasi Rawon disantap dengan Sate Komoh pasti akan menggugah selera hehe….  Karena tampilan sate komoh memang cukup dominan dalam seporsi nasi rawon. Walaupun sate ini hanya berisi tiga tusuk, karena ukurannya raksasa sekali menyantap bakalan lumer dimulut.

Jika para pecinta kuliner yang sedang jalan-jalan di kota Malang kalian bisa mampir di Warung Nasi Bu Jazilah di dekat pertigaan pom bensin Sawahan (sebelah SD Kasin). Sensasi rasa dari Nasi Rawon dan kenikmatan dari Sate Komoh di rumah makan ini memang pantes untuk dicoba hehehe…

0 komentar:

Posting Komentar

 

NURUL INAYAH Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos